Penjelasan Teknologi Optimus Nvidia Beserta Pengaktifan Mode switch

Teknologi Nvidia Optimus
   Salam buat pembaca dan terima kasih atas kunjungannya. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai teknologi yang dimiliki oleh NVIDIA yaitu teknologi Optimus.

   Sebelum saya jelaskan mengenai teknologi optimus ini, terlebih dahulu saya menjelaskan secara singkat mengenai Nvdia.

     Nvidia merupakan salah satu perusahaan produsen prosesor grafis, kartu grafis(vga card), dan alat-alat komunikasi lainnya. Produk yang terkenal dari Nvidia ini yaitu seri Geforce yang digunakan untuk bermain game di komputer.
  
   Bagi para gamer teknologi ini sangat cocok buat anda, karena didalam teknologi ini sangat menghemat daya yang digunakan oleh komputer atau laptop.

    Saya sebut teknologi ini yaitu teknologi switch graphics, dimana ketika kita tidak menggunakan keperluan yang membutuhkan grafis tinggi kita akan menggunakan standar standar yaitu Intel HD Graphics dan jika kita menggunakan keperluan yang membutuhkan grafik yang tinggi maka secara otomatis kita akan menggunakan graphics Nvidia ini. 
  
    Komputer atau laptop yang memakai teknologi ini ketika di cek di dxdiag maka yang tampil hanya Intel HD Graphics dikarenakan teknologi optimus berperan sebagai dedicated bukan integrated. Untuk mengeceknya kita bisa menggunakan software GPU-Z, tampilannya seperti dibawah ini.

GPU-Z


    Tujuan Nvidia ini dalam membangun teknologi optimus yakni memudahkan konsumen dalam mengoperasikan komputer yang berhubungan dengan grafis. Namun, masih banyak pengguna yang kebingungan melakukan switch grafis. Dan ada juga pengguna yang setelah update driver grafisnya malah semakin menurun dari sebelumnya.  

     Untuk yang masih bingung cara mengaktifkan switch VGA Teknologi Optimus berikut cara melakukan switch:
  1. Buka Control Panel.
  2. Cari dan Klik pada Nvidia Control Panel
  3. Klik View/Dekstop dan centang pilihan "Run with graphics processor" ke Context Menu. Setelah itu tutup jendela Nvidia Control Panel.

    nvidia control panel


  4. Klik kanan pada aplikasi game yang ingin dimainkan dan pilih ‘Run with graphics processor’. Kemudian klik lagi "High-performance NVIDIA processor"
     Sekian dari pembahasan mengenai teknologi optimus dari nvidia beserta pengaktifan mode switch. Apabila ada yang kurang jelas sobat bisa tanyakan dengan mengisi komentar dibawah ini. Semoga Bermanfaat. 

Comments

Popular posts from this blog

Sum of Product dan Product of Sum

Mengatasi Keyboard yang tidak terdeteksi oleh pc

Dampak yang akan terjadi ketika tidak pernah update aplikasi/software

Cara menyembunyikan item ( my computer , libraries , Network , dll ) pada Windows Explorer