Cara merawat printer agar tahan lama

   Salam buat anda dan terima kasih atas kunjungannya di blog ini, khususnya pada artikel saya kali ini.  Bagi anda yang memiliki printer mungkin artikel ini berguna karena pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai perawatan printer yang benar sehingga printer kita bisa tahan lama.

   Printer sangat rawan dari rusak. Saya sudah banyak mengalami banyak problem dari infus buntu hingga catridge rusak. Mungkin anda juga pernah mengalami permasalahan printer. perawatan printer ini harus dilakukan secara teratur.

   Oke.. Langsung saja ke pembahasan cara perawatan printer menurut ilmu yang saya dapatkan selama ini. Sebagai Berikut :

  1. Gunakan printer secara berkala dan teratur. Jangan membiarkan printer menganggur dalam waktu yang cukup lama. Usahakan Setiap hari atau dua hari sekali printer harus digunakan untuk mencetak kurang lebih 3 lembar dan pastikan hasil cetakannya bagus. Hal ini bermaksud menjaga agar tinta pada seluruh Print Head tidak mengering/menggumpal.

  2. Jangan biarkan Cartridge dalam keadaan kosong pada waktu cukup lama. Segera isi Cartridge apabila tinta mulai habis.

  3. Saat isi ulang/refile khususnya saat melepas cartridge, jangan sampai anda menyentuh pin CMOS. Pin tersebut sangat sensitif (bisa rusak) akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.

  4. Gunakan tipe tinta yang sama dengan tipe tinta yang sebelumnya saat isi ulang/refile. Jika berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar kosong. Hal ini untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head. Ini yang umumnya sering dilupakan dalam tips perawatan printer.

  5. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau kain. Khusus bagian dalam pakailah kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan Mati total (kabel listrik tercabut). Sekarang banyak alat-alat pembersih perangkat komputer.

  6. Baca Juga : Cara merawat komputer agar tetap prima

  7. Gunakan penutup printer sehingga terlindung dari debu. Anda dapat menutupnya rapat dengan kain sehingga masih ada pertukaran udara. Jangan menggunakan penutup dengan plastik karena udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer.

  8. Jangan terlalu sering print gambar atau tulisan yang tebal atau Fill dengan kepadatan yang tinggi karena akan memperberat kerja Head yang otomatis akan memperpendek usia Head.

  9. Khusus printer yang menggunakan Infus,… Letakkan tangki tinta infus sejajar atau sedikit lebih rendah dengan Catridge. Hal ini untuk menjaga supaya tinta tidak mengalir secara langsung ke Catridge pada saat printer tidak dipakai.

  10. Cuci Busa atau Spon penghisap tinta yang ada dibagian dalam printer paling tidak 1 tahun sekali atau jika dirasa daya hisapnya sudah mulai melemah. Pada umumnya ditandai dengan tidak berjalannya proses Cleaning Head atau ada tumpahan tinta dibagian dalam printer. Apabila hal tersebut dibiarkan dapat berbahaya bagi rangkaian elektronik/mekanik printer.

   Demikian cara merawat printer yang bisa saya sampaikan kepada anda. Apabila ada yang perlu dipertanyakan silahkan isi form komentar dibawah ini. Dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan Semoga Bermanfaat.

Comments

  1. Pantes printerku dirumah rusak, pernah nganggur sebulan wkwk. Kalo dah tau ginu dari dulu dah dilakuin, berasa telat

    ReplyDelete

Post a Comment

Ketentuan dan Larangan Pengisian Komentar :
1. Dilarang Memasukan Link Aktif pada Komentar.
2. Dilarang Promosi Produk/Jasa pada Komentar.
3. Komentar yang tidak berhubungan dengan artikel diatas maka dianggap SPAM.
4. Komentar yang tidak Berkualitas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Mengatasi Keyboard yang tidak terdeteksi oleh pc

Cara menyembunyikan item ( my computer , libraries , Network , dll ) pada Windows Explorer

Sum of Product dan Product of Sum

Tipe - Tipe Jaringan