5 Cara agar blog cepat terindex oleh Google - Bing

Robot Index Blog
  Salam sobat dan terima kasih telah mengunjungi blog saya ini, lebih tepatnya pada artikel saya kali ini. Disini saya akan membahas mengenai cara  mengolah blog agar cepat terindex oleh mesin pencarian.

  Mungkin banyak dari sobat blogger yang masih bingung mengenai cara cepat blog terindex oleh search engine, khususnya untuk blogger pemula yang masih fresh-freshnya membangun blog.😂

  Untuk mempercepat blog kita agar cepat keindex ada banyak cara , namun disini akan saya share cara saya ketika mempercepat index blog saya ini. 

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk mempercepat Mesin Pencarian mengindex blog saya:

1. Memasukan sitemap ke Webmaster mesin pencarian Google/Bing
Langkah ini merupakan langkah awal yang saya lakukan, namun sebelumnya kita harus mendaftarkan blog kita pada webmaster tools ke Google/Bing. 

Sitemap ini menjelaskan tentang daftar isi yang dimiliki oleh blog kita. Daftar isi yang saya maksud bukan daftar isi yang ada pada menu navigasi blog kita, melainkan daftar isi berbentuk file XML.

2. Mensubmit Artikel Terbaru/Terupdate ke Fetch as Google/Bing
Langkah ini menurut saya cukup ampuh dan saya sudah mengalaminya. Yaitu memasukan URL ke fetch as Google/Bing. Dengan fitur ini mesin pencarian akan lebih mengenali artikel lebih dalam blog kita dan pemberi tanda ke bot mesin pencarian untuk melakukan Crawl artikel kita. 

Saya sudah beberapa kali setelah membuat artikel baru, langsung saya submit url artikel saya di fetch as google dan tidak menunggu lama artikel saya sudah terindex oleh google. Namun hal ini tidak berguna bagi artikel duplikat atau copas.

3. Membangun internal Link
Langkah ini menurut saya juga ampuh. Membangun internal link disini menjelaskan keterkaitan antara artikel satu dengan artikel yang lainnya. hal ini sangat berguna dalam proses mengindex blog kita, karena Googlebot/Bingbot akan lebih mudah menjelajahi blog kita. Dalam pembuatan internal link ini jangan sembarangan harus relevan antara artikel satu dengan yang lainnya.

4. Melakukan Ping Blog untuk memanggil spider mesin pencarian
Ping Blog ini juga berguna dalam proses index blog. Cara kejanya yang saya pahami dari ping blog ini yaitu memberi sinyal kepada spider mesin pencarian bahwa ada blog baru atau artikel baru yang harus dijelajahi oleh bot mesin pencarian. Untuk melakukan hal ini jangan berlebihan karena akan dianggap SPAM oleh Search Engine, lakukanlah dengan baik dan secara berkala.

5. Mempromosikan Blog ke Sosial Media
Mempromosikan blog juga merupakan trik mempercepat blog diindex oleh mesin pencarian, karena  situs sosial media dapat memberikan sinyal ke mesin pencarian. Untuk mempromosikan blog kita ke sosial media harus dengan cara yang baik, maksudnya yaitu tidak melakukan SPAM. SPAM akan memperburuk reputasi blog kita.

Baca Juga : 3 Cara mempromosikan blog dalam meningkatkan trafik blog

  Begitulah yang bisa saya sampaikan menurut pengalaman saya selama ini dalam dunia blog. Apabila ada kekurangan atau kesalahan pada artikel ini, beritahu saya dengan cara mengisi form Komentar di bawah ini. Semoga artikel saya berguna untuk kita semua..

Comments

  1. Dua hal yang malas saya lakukan diantara cara di atas adalah ping dan fetch as google.

    Kenapa?

    Karena saya kira bot Google sudah melakukannya otomatis, bahkan link yang '404 not found' di blog kita, bisa iya ketahui.

    Btw thanks for share gan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Ketentuan dan Larangan Pengisian Komentar :
1. Dilarang Memasukan Link Aktif pada Komentar.
2. Dilarang Promosi Produk/Jasa pada Komentar.
3. Komentar yang tidak berhubungan dengan artikel diatas maka dianggap SPAM.
4. Komentar yang tidak Berkualitas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Sum of Product dan Product of Sum

Mengatasi Keyboard yang tidak terdeteksi oleh pc

Dampak yang akan terjadi ketika tidak pernah update aplikasi/software

Cara menyembunyikan item ( my computer , libraries , Network , dll ) pada Windows Explorer