Cara Merawat Komputer Agar Tetap Prima

pc and medice bag
    Salam sobat dan saya berterima kasih kepada sobat yang telah mau berkunjung pada blog saya, kali ini saya akan share ilmu saya mengenai cara merawat komputer. Komputer perlu dirawat supaya tidak mudah rusak, samahalnya manusia juga harus dirawat. 😃
    Nah ,, disini saya akan menjelaskan dan sedikit memberi trik buat sobat,, bagaimana sih merawat komputer yang baik dan komputer tidak cepat rusak. Teknik perawatan komputer ada dua tahap yaitu tahap pertama perawatan melalu Hardware dan tahap kedua melalui Software.

Oke Kita mulai pembahasannya.

Perawatan melalui Hardware :

Yang pertama, bersihkan bagian luar casing PC dari debu.. gunakan kain atau kuas yang halus,, sekaligus bersihkan monitor, keyboard dsb.

Yang kedua, lakukan pembersihan pada bagian dalam PC atau CPU, Buka casing PC kemudian bersihkan motherboard sobat gunakan kuas yang halus. Oh iya lakukan pembersihan ini secara berkala.

Yang ketiga, Nah.. untuk antisipasi mati listrik secara tiba-tiba, saya anjurkan sobat pakai STAVOLT atau UPS biar aman, soalnya kalo gak pake bisa-bisa komputer kita rusak akibat listrik padam secara tiba-tiba.

Keempat, Sobat harus gunakan pendingin tambahan, karena kalo gak ditambahin pendingin lagi takutnya pendingin yang aslinya gak maksimal kan bisa terjadi Overheat,, dan ini gak baik buat komputer.

Kelima, Usahakan hindari komputer dari pancaran medan magnet, karena akan berpengaruh pada komputer.

Keenam, Jika sobat sering menggunakan komputer selama berjam-jam, luangkanlah waktu untuk mengistirahatkan komputer sobat. Pakai seperlunya saja,, dan komputer terlalu lama tidak digunakan juga tidak baik bagi kondisi si komputer. 

Perawatan melalui Software :

Untuk perawatan komputer yang harus sobat lakukan menurut saya yaitu :

Yang pertama,  Lengkapi komputer Sobat dengan Antivirus, sobat bisa gunakan yang free, namun untuk hasil maksimal gunakan yang bebayar. Lakukan Update dan scan secara berkala, untuk memperkecil serangan dari virus. 

Yang kedua, Lakukan proses Defrag harddisk secara berkala, Agar proses read/write jadi lebih ringan sebab filenya berurutan. Jika tidak pernah didefrag maka kemungkinan besar kerusakan harddisk akan terjadi.

Yang ketiga, Sobat lakukan pembersihan file/berkas yang tidak terpakai dengan cara menggunakan Disk Cleanup atau bisa gunakan CCleaner. Lakukan hal ini juga secara berkala,, kalau tidak akan membuat kinerja harddisk melemah.

Yang keempat, Lakukan pencopotan atau uninstal software-software yang tidak digunakan. Hal ini sangat bermanfaat bagi kecepatan komputer. Karena semakin banyak aplikasi yang dipasang maka semakin berat kinerja memory komputer dan ini menyebabkan penurunan kecepatan komputer. Lakukan pencopotan aplikasi/software seperlunya saja.

Yang kelima, Lakukan update aplikasi jika tersedia, karena software yang tidak pernah diupdate akan berpeluang besar bagi virus untuk menyerangnya atau bisa dikatakan Security Hole.

Baca Juga : Dampak Tidak Pernah Update Software atau Aplikasi

Yang terakhir, jangan terlalu sering instal dan uninstal aplikasi,, lakukanlah hal ini sewajarnya, dan sesuaikan dengan kebutuhan sobat..

    Saya rasa Tips dan Trik tersebut sudah jelas, dan apabila  dilakukan secara berskala , maka hasilnya akan berdampak baik pada komputer kita dan komputer kita gak cepat rusak. 

KOMENTAR sobat sangat membantu saya dalam memperbaiki artikel ini ..

Comments

Popular posts from this blog

Sum of Product dan Product of Sum

Mengatasi Keyboard yang tidak terdeteksi oleh pc

Dampak yang akan terjadi ketika tidak pernah update aplikasi/software

Cara menyembunyikan item ( my computer , libraries , Network , dll ) pada Windows Explorer