Langkah Awal Sebelum Membangun Sebuah Jaringan

First Doing Before a Network
   Sebelum Pembahasan saya ucapkan Terima Kasih buat pembaca yang telah berkunjung di blog saya  kususnya pada artikel kali ini. Pada pembahasan kali ini saya akan share ilmu yang saya dapatkan dari bangku sekolah dan perkuliahan saya selama ini. Saya dulu lulusan SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ) dan sekarang masih menempuh perkuliahan S1 di jurusan Teknik Informatika. Disini saya akan share ilmu mengenai Langkah awal yang harus dilakukan sebelum  membangun sebuah jaringan.
 
    Kenapa ini harus dilakuakan? Karena menurut saya jika langkah ini tidak dilakukan maka hasil yang dikerjakan tidak akan maksimal. Maka dari itu hal ini menurut saya harus dilakukan. 

Baca Juga : Tipe-Tipe Jaringan

     Oke.. Langsung saja berikut langkah-langkah yang harus dilakuakan.
  1. Sebelum membangun jaringan kita harus melakukan survei ke tempat yang akan dipasang suatu jaringan , langkah ini yaitu langkah awal dimana kita akan melihat struktur gedung-gedung atau bangunan yang nantinya akan dipasang jaringan. Hal ini sangat berguna dalam perancangan dan bagaimana nantinya pemasangan jaringan.

  2. Langkah Selanjutnya yaitu melakukan pengambilan data dengan cara mewawancarai karyawan IT dan beberapa karyawan lainnya pada perusahaan yang akan dibangun sebuah jaringan. Langkah ini dimaksudkan untuk menanyakan kepada karyawan diposisi mana saja yang membutuhkan pemasangan jaringan. 

  3. Dari hasil data-data diatas selanjutnya kita harus menentukan topologi jaringan mana yang sesuai dan melakukan pembagian Sub-Sub Jaringan. Maksudnya yaitu mengorganisir tempat-tempat yang akan dipasang jaringan dan penempatan server. Misal pada jaringan A terdapat beberapa sub jaringan yaitu jaringan A1, A2, A3. Kalau belum jelas dibawah ini ada gambarnya.
  4. Pembagian Sub Jaringan Sekolah SMK

  5. Setelah itu yang harus kita lakukan yaitu melakukan pendataan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam membangun jaringan beserta biaya kebutuhannya.

  6. Langkah selanjutnya yakni menggambar sketsa jaringan, langkah ini dibutuhkan karena membantu dalam pemasangan jaringan nantinya.

  7. Setelah itu melakukan Simulasi jaringan untuk mengetahui apakah struktur jaringan sudah tepat dan kongfigurasinya juga sudah benar. Simulasi ini dilakukan pada software yaitu Packet Tracer . Hal ini perlu dilakukan karena untuk memperkecil tingkat kesalahan dalam pemasangan jaringan dan juga memudahkan pemasangannya.
      Begitulah langkah awal yang harus dilakukan sebelum membangun sebuah jaringan. Apabila ada yang kurang paham dan ingin bertanya , silahkan isi form Komentar dibawah ini.

Comments

Popular posts from this blog

Sum of Product dan Product of Sum

Mengatasi Keyboard yang tidak terdeteksi oleh pc

Dampak yang akan terjadi ketika tidak pernah update aplikasi/software

Cara menyembunyikan item ( my computer , libraries , Network , dll ) pada Windows Explorer