Pengertian RAM ( Random Acces Memory ) dan Jenis Jenisnya


     RAM ( Random Acces Memory ) yaitu pada dasarnya adalah salah satu tipe piranti penyimpanan data di dalam komputer berfungsi sebagai penyimpanan bermacam-macam data dan perintah program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM bisa diakses secara random atau tak merujuk pada pengaturan letak data. data di dalam RAM bisa di akses secara tak berurutan atau secara Random ( acak ) . Di mana lokasi data di tempatkan dalam RAM , waktu pengaksesan sama saja .
      RAM  adalah piranti penyimpanan sementara . data pada RAM bisa hilang jika listrik mati . ini berbeda dengan piranti penyimpanan yang lainnya seperti hardisk . Data pada Harddisk tidak bisa hilang walaupun daya listrik di matikan . salah satu kelebihan RAM ialah RAM aksesnya jauh lebih cepat dari pada Harddisk . 
     RAM pada umumnya bisa disebut sebagai main memory, primary memory, internal memory, primary storage, memory stick, atau RAM stick. Malahan Kadang-kadang orang cuma menyebutnya sebagai memori meski ada macam memori lain yang terpasang di komputer. RAM merupakan salah satu macam memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan perintah.

      Modul penympanan RAM yang umum diperjualbelikan yang ada pada pasar komputer adalah berkapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB hingga 8GB. ada beberapa Jenis - Jenis RAM , antara lain: DRAM , SRAM , EDORAM , SDRAM , RDRAM , NV-RAM , VGRAM . Berikut Pembahasan tentang macam-macam RAM:


1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
   DRAM merupakan salah satu jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya wajib disegarkan secara terjadwal atau berkala oleh CPU supaya tidak hilang. Hal ini membuat RAM sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga mempunyai kepadatan amat  tinggi.

2. SRAM (Static Random Access Memory)
   SRAM merupakansalah satu  jenis RAM (sejenis memori semi-konduktor) yang tidak memakai  kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tak perlu lagi disegarkan secara terjadwal seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekalian membuatnya mempunyai kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Menurut fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.

3. EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory)
   EDORAM merupakan salah satu jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya malah menjadi lebih cepat. Biasanya diterapkan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.

4. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
  SDRAM adalah salah satu jenis RAM yang dinamis dan memiliki kemampuan kecepatannya lebih kencang dari EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan sesuai untuk sistem dengan bus yang mempunyai kecepatan hingga 100 MHz.

5. RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory)
  RDRAM adalah salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation memakai Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM mempunyai memory controller yang canggih sehingga tak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang menggunakannya adalah 3dfx seri Voodoo4.

6. NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
  NV-RAM adalah salah satu jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tak akan hilang walaupun  daya dimatikan.

7. VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory)
   VGRAM adalah salah satu jenis RAM yang diproduksi khusus untuk video adapter. Kapasitas VGRAM amat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh video adapter tersebut.

   Sekian pembahasan mengenai RAM, apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan artikel mengenai Pengertian Penyimpanan Sementara atau RAM ( Random Acces Memory ), Isi KOMENTAR akan sangat membantu memperbaiki jika ada kesalahan dan kekurangan artikel ini.

Comments

  1. Wah terima kasih atas informasi websitenya sehingga kami memahami tentang RAM, jadi makin yakin beli RAM.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk makin yakin pakai RAM

    https://bangamingadget.com/informasi/

    nuhun

    ReplyDelete

Post a Comment

Ketentuan dan Larangan Pengisian Komentar :
1. Dilarang Memasukan Link Aktif pada Komentar.
2. Dilarang Promosi Produk/Jasa pada Komentar.
3. Komentar yang tidak berhubungan dengan artikel diatas maka dianggap SPAM.
4. Komentar yang tidak Berkualitas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Sum of Product dan Product of Sum

Mengatasi Keyboard yang tidak terdeteksi oleh pc

Dampak yang akan terjadi ketika tidak pernah update aplikasi/software

Cara menyembunyikan item ( my computer , libraries , Network , dll ) pada Windows Explorer