Cara Instal Ulang Windows 7 tanpa hapus data via AUTOPLAY installer

    Pada saat kita menjalankan sistem operasi terkadang prosesnya lama banget , atau terjadi seperti hang,, ada sistem yang error dan lain sebagainya. seperti OS punya teman - teman saya banyak yang mengalami OSnya lemotlah, hanglah, atau masalah lainnya ...   
    Nah solusinya yaitu menginstal ulang OSnya/reinstall Operating system . Tapi terkadang juga ada yang gak mau OSnya diinstal ulang karena takut data-datanya akan hilang atau terformat . Nah di artikel  kali ini saya akan share cara Instal Ulang Windows 7 tanpa hapus data via AUTOPLAY installer.
    waw.. via AUTOPLAY installer?? Bagaimana itu? maksudnya via autoplay installer ini yaitu kita menginstal tidak melalui booting, langsung pada file executable nya..  

oke langsung saja, berikut caranya :


1. Turn On komputer sobat masuk ke dalam Sistem Operasi.
2. Setelah itu Masukkan DVD installer atau bisa pakai USB Instalernya.
3. Setelah jendela muncul untuk menanyakan apakah sobat ingin “Jalankan setup.exe” atau “buka folder”. Pilih “Run setup.exe”.Apabila ini jendela pop up tidak keluar atau muncul, buka Windows Explorer, arahkan ke drive DVD atau ke USB dan jalankan file setup.exe dari sana.

Auto Play DVD Drive

 
4. Klik Install Now pada jendela install Windows 7 yang muncul, seperti gambar dibawah ini.
halaman instal awal


5. Pada jendela selanjuntya sobat akan disuruh memilih untuk 2 pilihan yakni ”Go online to get the latest update for installation” atau ”do not get the lastes update for instalastion” apabila sobat ingin update windows dinyalakan maka klik pada  option pertama atau jika tidak ingin maka pilih option ke 2.
hal. update informasi

6. Pada jendela berikutnya sobat centang pada ” I accept the license term ”
7. Setelah itu pilih Custom instalation Windows
tipe instalasi

 
8. Langkah berikutnya akan diperlihatkan pada jendela patisi dari Hard drive, untuk tahap ini sobat pilih drive instalasi Windows 7 sobat yaitu di disk C, lebih tepatnya drive yang dulunya ditempati oleh file system operasi.

hal. atur partisi


9. Terakhir, sobat hanya membiarkan instalasi melakukan tugasnya. Setelah selesai, akan rebooting otomatis dan kemudian meminta sobat untuk pengaturan account, pengaturan waktu dan tanggal, pengaturan update, dan lain sebagainya. 


proses instalasi

  Dan akhirnya selesai , mudah bukan.... 
  Setelah masuk ke dalam windows sobat akan menemukan bahwa semua data sobat akan tetap ada pada posisinya alias tidak keformat. Pada titik ini, sobat harus menginstal ulang semua perangkat lunak dari driver sampai software yang dibutuhkan.

 Catatan: Cara Instal Ulang Windows 7 via AUTOPLAY installer tidak akan bisa dilakukan apabila windows dalam keadaan rusak parah.

  Sekian penjelasan dari saya mengenai langkah-langkah instalasi windows 7 via AUTOPLAY. Apabila ada pertanyaan atau kritik dan saran, silahkan sobat isi form komentar dibawah ini.  

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Keyboard yang tidak terdeteksi oleh pc

Cara menyembunyikan item ( my computer , libraries , Network , dll ) pada Windows Explorer

Sum of Product dan Product of Sum

Tipe - Tipe Jaringan