Macam Macam Gerbang Logika

Gerbang Logika
   Gerbang Logika yaitu suatu rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal masukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah. Gerbang-gerbang logika merupakan dasar dalam pembuatan rangkaian elektronika digital. Suatu gerbang logika mempunyai satu terminal keluaran dan satu atau lebih terminal masukan. Keluaran dan masukan gerbang logika ini diterangkan dalam kondisi HIGH (1) atau LOW (0). Pada sistem TTL level HIGH diwakili dengan tegangan 5V, sedangkan level LOW diwakili dengan tegangan 0V.
  Semua  sistem  digital  pada  umumnya  cuma  merupakan kombinasi gerbang logika dasar yakni gerbang AND, gerbang OR, dan gerbang NOT (inverter). 

Gerbang AND
  Gerbang AND mempunyai saluran masukan sebanyak dua atau lebih saluran dan satu  keluaran. Dan gerbang AND mempunyai sifat output akan berlogika satu apabila seluruh nilai input pada gerbang AND berlogika satu dan apabila mempunyai nilai nol pada salah satu inputnya jadi output akan bernilai nol, sebagai contoh A atau B menjelaskan saluran  masukkan gerbang AND yang saling bebas yang masing-masing cuma bisa berlogika satu atau nol.
  Dan Y menyatakan saluran keluarannya yang cuma bisa bernilai logika nol atau satu, jadi hubungan antara masukan dan keluaran pada gerbang OR ini bisa ditulis Y = A AND B atau Y = A . B, sedangkan untuk tabel kebenaran dan gambar symbol bisa dilihat pada gambar symbol dan data hasil percobaan, dan sifat bahwa apabila semua  nilai input pada gerbang AND bernilai satu maka nilai output menjadi bernilai satu juga dan bila mempunyai  nilai nol pada salah satu kaki inputnya maka output menjadi bernilai nol.
 Hal ini berlaku pada gerbang AND yang mempunyai jumlah input lebih dari dua. Gerbang AND berguna sebagai pengali nilai pada inputnya sebagai contoh apabila input memiliki nilai 1 dan 0 (1 . 0) maka output akan menjadi berlogika 0, apabila nilai inputnya 1 semua (1 . 1) maka nilai output akan  menjadi berlogika 1. Gerbang logika AND mempunyai 2 buah input dan satu buah output, contoh kode IC nya yakni 7408.
Gerbang AND
 Beriku tabel Kebenaran Gerbang And 
tabel Kebenaran Gerbang AND

Gerbang OR
  Gerbang Logika OR mempunyai lebih saluran masukan dan satu keluaran. Gerbang OR mempunyai sifat output berlogika satu apabila salah satu nilai input berlogika satu dan apabila memiliki nilai nol pada seluruh inputnya sehingga output akan bernilai nol, sebagai contoh A atau B menyatakan saluran  masukkan gerbang OR yang saling bebas dan masing-masing cuma dapat berlogika satu atau nol.
   Sedangkan Y menyatakan saluran keluarannya yang cuma bisa bernilai logika nol atau satu, maka hubungan antara masukan dan keluaran pada gerbang OR ini bisa ditulis Y = A OR B atau Y = A + B, sedangkan tabel kebenaran dan gambar symbol bisa dilihat pada gambar symbol dan data hasil percobaan, dan sifat bahwa bila salah satu nilai input pada gerbang OR bernilai satu jadi nilai output akan bernilai satu juga dan bila memiliki nilai nol pada seluruh inputnya maka output menjadi bernilai nol.
    Hal ini berlaku pada gerbang OR yang mempunyai total input lebih dari dua. Gerbang OR berguna sebagai penjumlah nilai pada inputnya misalnya bila input memiliki nilai 1 dan 0 (1+0) sehingga output menjadi berlogika 1, atau bila nilai inputnya 0 semua (0+0) maka nilai output menjadi berlogika 0.
Gerbang OR

 Beriku tabel Kebenaran Gerbang OR
tabel Kebenaran Gerbang OR

    Saya rasa cukup penjelasan Gerbang Logika. apabila ada pertanyaan silahkan isi komentar dibawah artikel ini.

Sumber : http://electrical-icezz.blogspot.com/2013/04/gerbang-logika-dasar.html

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Keyboard yang tidak terdeteksi oleh pc

Cara menyembunyikan item ( my computer , libraries , Network , dll ) pada Windows Explorer

Sum of Product dan Product of Sum

Tipe - Tipe Jaringan